• gambar
  • gambar

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMP NEGERI 2 KARANGPUCUNG

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 2 KARANGPUCUNG

NPSN : 20300527

Jl.Abdi Praja Tayem Karangpucung Kab.Cilacap


[email protected]

TLP : (0280) 6263249


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 121623
Pengunjung : 38054
Hari ini : 3
Hits hari ini : 30
Member Online : 1
IP : 18.97.14.89
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Media Poster Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Pidato




Media Poster Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Pidato - Released at Jateng Pos Februari 2023

Mutohiroh, S.Pd

Guru Bahasa Indonesia - SMP Negeri 2 Karangpucung Kabupaten Cilacap

 

Salah satu standar kompetensi pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP adalah menulis naskah pidato. Berkaitan dengan hal tersebut, kemampuan menulis naskah pidato bagi para siswa adalah sebuah kompetensi yang wajib dikuasai.

Kenyataan yang sering kita temui di lapangan, tidak semua guru Bahasa dan Sastra Indonesia mau dan mampu mengajarkan materi menulis naskah pidato pada para siswanya. Keadaan tersebut membuat siswa tidak terlayani dengan baik pada kompetensi menulis naskah pidato yakni hanya dengan metode konvensional yaitu ceramah.

 

Menurut Fitria ( 2017:136 ) media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, dapat membangkitkan semangat, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran pada siswa.

Redsidayanti (2019:2) mengatakan bahwa model dan media pembelajaran juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan oleh guru agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemempuan siswa dalam menulis tek pidato yaitu media poster. Model ini dapat merangsang siswa untuk menemukan gagasan dalam menulis teks pidato.

Menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud) Poster adalah suatu media yang terdiri dari lambing kata atau symbol yang sangat sederhana dan pada umumnya mengandung anjuran atau larangan.

Menurut Sri Anitah poster yaitu gambar yang memadukan unsur-unsur visual, berupa gambar, garis ataupun kata-kata yang tujuannya untuk menarik perhatian orang. Poster juga digunakan untuk mengkomunikasikan pesan secara singkat.

 

Menurut Saleh Abbas (2006:125), keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melalui Bahasa tulis. Ketepatan pengungkapan gagasan harus didukung dengan ketepatan Bahasa yang digunakan, kosakata, gramatikal, dan penggunaan ejaan. Kemampuan merupakan potensi yang ada berupa kesanggupan, kecakapan, kekuatan kita berusaha dengan diri sendiri

Menurut Suparno (2009:13) keterampilan menulis adalah sebagai suatu kegiatan penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan Bahasa tulis sebagai alat atau media. Berdasarkan konsep tersebut, dapat dikatakan bahwa menulis merupakan komunikasi tidak langsung yang berupa pemindahan pikiran atau perasaan dengan menggunakan symbol sehingga dapat dibaca.

Menurut Arsjad pidato adalah sebuah kegiatan komunikasi. Kegiatan ini dilakukan oleh seseorang dengan sebuah tujan. Tujuan tersebut antara lain untuk menyampaikan dan menanamkan beragam ide, gagasan, dan konsep.

Untuk meningkatkan keterampilan menulis teks pidato siswa, di kelas VIII penulis menggunakan media poster. Penerapan media poster menemukan tingkat keefektifan dalam meningkatkan keterampilan menulis naskah pidato siswa. Dengan menggunakan media poster siswa mengamati dan memperhatikan gambar dan tulisan tersebut, hasil pengamatan itu kemudian diungkapkan dalam bentuk teks pidato. Kemampuan menyerap informasi melalui media sangat penting. Dengan melihat media poster siswa akan mempunyai gambaran tentang isi pidato sehingga dapat meningkatkan kemampuannya secara nyata dalam wujud berpidato didepan kelas.

Setelah dilaksanakan pembelajaran menulis naskah pidato dengan media poster, prestasi keterampilan menulis naskah pidato siswa meningkat. Ini menunjukkan bahwa media poster dapat meningkatkan kompetensi keterampilan menulis naskah pidato siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Karangpucung.

Penerapan media poster dalam penulisan teks pidato memerlukan kesabaran, ketekunan, dan keuletan guru baik sebagai pemantau maupun sebagai fasilitator.

 

Penulis menyimpulkan bahwa menggunakan media poster sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan menulis teks pidato. Penerapan media poster dapat mengubah suasana belajar yang aktif, kreatif, sehingga hasil yang dicapai akan meningkat. (*)

          

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

       

     




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :





   Kembali ke Atas